April 8, 2020

Cara Menginstall Portainer di Ubuntu

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum wr wb, halo teman-teman yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan membuat tulisan dengan judul Cara Menginstall Portainer di Ubuntu. Pada Tulisan saya sebelum nya, kita telah belajar bagaimana tentang cara menginstall docker (bisa dilihat disini). Dengan docker, developer akan dipermudah karena lingkungan development di virtualisasi sehingga tidak tercemar satu sama lain.

Bagi yang belum tahu, manajemen docker semua dilakukan melalui terminal. Untuk membuat container, membuat volume, manajemen images, manajemen network dll, semua dilakukan melalui terminal. Untuk orang yang belum terbiasa mungkin akan sedikit merepotkan. Oleh karena itu untuk mempermudah manajemen docker melalui GUI, maka hadirlah portainer.

Cara Menginstall Portainer di Ubuntu

Karena saya menggunakan OS windows, docker dan portainer akan saya jalankan melalui vagrant. Untuk langkah-langkah instalasinya sangat mudah, berikut adalah tahapan nya. Langkah pertama, pada terminal masukkan perintah seperti berikut.

Portainer akan berjalan pada port 9000.

Cara Menginstall Portainer di Ubuntu
Cara Menginstall Portainer di Ubuntu

Selanjutnya tunggu proses instalasi hingga selesai, karena system akan mendownload image.

Proses Download Image Docker
Proses Download Image Docker

Untuk melihat apakah container portainer sudah berjalan atau tidak, kita bisa menggunakan perintah di bawah ini.

Untuk container yang bejalan, pada kolom status adalah UP.

Mengecek Status Container yang berjalan
Mengecek Status Container yang berjalan

Bisa dilihat bahwa portainer sudah berjalan dengan baik di docker, selanjut nya saya menambahkan konfigurasi di vagrant, supaya portainer bisa diakses melalui windows. Port yang digunakan adalah 9000.

Kira-kira tampilan nya adalah seperti berikut dibawah.

Konfigurasi Vagrant untuk Portainer
Konfigurasi Vagrant untuk Portainer

Kemudian reload vagrant untuk menyesuaikan konfigurasi yang telah dibuat. Akses portainer dengan alamat berikut.

Tampilan portainer ketika pertama kali diakses
Tampilan portainer ketika pertama kali diakses

Tampilan diatas adalah ketika portainer pertama kali di akses, kita akan diminta untuk memasukkan username dan password admin. Isi data sesuai dengan form yang telah disediakan, kemudian klik create user.

Tampilan Portainer
Tampilan Portainer

Pilih menu yang paling kiri “local” untuk melakukan management docker di local environment. Dibawah ini merupakan tampilan home portainer.

Tampilan Home Portainer
Tampilan Home Portainer

Sekian tulian saya mengenai Cara Menginstall Portainer di Ubuntu, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Saran dan masukan nya saya tunggu. Jika ada pertanyaan, tuliskan di kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...