November 26, 2015

Dasar penggunaan array dalam pemrograman

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum wr wb, kali ini saya akan menjelaskan Dasar penggunaan array dalam pemrograman. Array seringkali dipakai dalam berbagai macam bahasa pemograman karena efektifitas dan ke optimalannya. Array merupakan variabel yang unik, karena dapat menyimpan banyak nilai dalam satu waktu dan dapat sangat membantu jika digunakan dalam kondisi yang tepat, berikut adalah contoh penggunaanya

Untuk membuat variabel array sangat mudah, tinggal masukkan nilai yang anda inginkan pada sebuah variabel array, saya akan membuat variabel array dengan tipe numeric keys.

Pada contoh di atas saya menyimpan 2 value yaitu “hello” dan “world” dalam sebuah variabel array $words. Array dengan tipe key numeric memiliki index mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, … dst. Sehinggga perlu diperhatikan juga urutan value yang ingin anda masukkan pada variabel array karena itu sangat menentukan dalam eksekusi. Pada contoh di atas  akan menampilkan nilai :

hello – world

karena value “hello” terdapat pada index ke 0 dan value “world” terdapat pada index ke 1. Jika kita ganti kode seperti ini :

Maka data yang tampil adalah :

world – hello

Sudah paham bukan sobat 🙂

Pembahasan selanjutnya akan saya jelaskan array yang menggunakan nama keys, semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat, Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...