October 19, 2017

Mengenal apa itu Redis

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mengenal apa itu Redis – Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu redis. Redis merupakan kependekan dari REmote DIctionary Server di kembangkan oleh Salvatore Sanfilippo dan dirilis pada tanggal 10 Mei 2009 serta langsung menjadi salah satu database No Sql yang cukup populer.

Redis memiliki struktur key dan value dengan berbagai macam tipe data. Seperti Strings, Lists, Sets, Hashes, Sorted Sets dan Bitmaps. Redis memiliki kelebihan dapat diakses dengan Cepat, karena dataset nya tersimpan pada memory. Waitt… memory?? Artinya kalau pc atau laptop mati, apakah data akan hilang? I Said No..

Selain cepat, kelebihan lain yang dimiliki oleh redis adalah PERSISTENCE , artinya redis memiliki Opsi untuk menjaga data tidak akan hilang. Redis memiliki dua mekanisme untuk membuat data nya persistence dengan menggunakan Append Only File (AOF) dan Snapshot (RDB).

Mengenal apa itu Redis

Dengan menggunakan Snapshot, dataset akan ditulis secara ascyncronus pada disk dalam interval waktu  tertentu dengan format .rdb . Sedangkan dengan menggunakan mekanisme Append Only File, dataset akan di tulis pada disk dengan lebih real time. Terdapat beberapa option jika menggunakan AOF, sync data bisa di setting setiap detik atau setiap kali proses operasi di lakukan.

Kedua mekanisme tersebut masing-masing memeiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa menggunakan keduanya atau salah satu tergantung kondisi dan kebutuhan anda. Misalnya, dengan menggunakan AOF data akan lebih valid ketika system crash atau reboot, tetapi lebih membutuhkan space yang lebih besar karena sync pada disk lebih sering ketimbang Snapshot.

Menginstall Redis

Untuk menginstall redis terdapat beberapa cara.

Cara Pertama :

Selain itu kita bisa menginstall redis via apt-get.

Setelah Terinstall, kita bisa mencobanya melalu redis-cli. Masukkan perintah berikut melalui terminal.

Mengenal apa itu Redis

Mengenal apa itu Redis

Bisa kita lihat port redis berjalan pada 6379. Kita bisa mencobanya dengan contoh yang sederhana dengan menset dan getting data string.

Setting dan Getting data pada redis

Setting dan Getting data pada redis

Dengan berbagai macam kelebihannya, redis menjadi database noSql yang cukup populer. Belum saya temui pesaing yang bisa menandingi kecepatan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh redis. Tetapi dengan segala kelebihan yang dimiliki, redis juga membutuhkan alokasi space memori yang cukup besar. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada cost, karena harga RAM lebih mahal ketimbang Hardisk dan RAM biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan slot yang sedikit pada mobo.

Sekian tutorial pengenalan tentang database redis ini, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Sumber :

https://redis.io/

https://en.wikipedia.org/wiki/Redis

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...