December 17, 2017

Mengenal Cron Job di Linux

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum wr wb, halo pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial dan pembahasan tentang mengenal Cron Job di Linux. Setelah berbagai macam kesibukan beberapa minggu ini, akhirnya saya memiliki waktu lagi untuk membagikan sedikit ilmu yang saya miliki. Saya termasuk pengguna aktif linux dan sering mengerjakan beberapa project yang harus menggunakan aplikasi Cron ini.

Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih dalam, kita mulai terlebih dahulu pembahasan tentang apa yang di maksud dengan Cron. Cron merupakan sebuah aplikasi yang di linux yang berjalan di background atau belakang layar dan memungkinkan kita untuk mengeksekusi sebuah perintah melalui terminal dengan waktu yang telah ditentukan.

Mengenal Cron Job di Linux

Untuk membuat sebuah cron job, kita harus menuliskan perintah tersebut pada sebuah Crontab. Berikut adalah format dan bentuk dari Crontab.

Kita dapat menuliskan perintah yang kita inginkan dengan schedule atau jadwal yang telah kita tentukan dengan menggunakan cronjob. Ketika anda menginstall linux, biasanya distro nya sudah menyediakan aplikasi cron ini, tetapi pada beberapa distro mungkin belum tersedia. Untuk menginstallnya anda bisa menggunakan perintah di bawah ini.

Konfigurasi CRON

Langkah selanjutnya, untuk menambahkan cronjob, kita bisa membuka konfigurasi nya dengan menggunakan perintah sebagai berikut.

Akan muncul seperti di bawah ini, disitu dijelaskan dengan seksama bagaimana cara penulisannya.

Mengenal Cron Job di Linux

Mengenal Cron Job di Linux

Saya akan memberikan sebuah contoh, dengan membuat file dengan jadwal tiap 1 menit. Berikut adalah perintah yang saya gunakan.

Berikut adalah hasilnya, cukup mudah bukan.

Mengenal Cron Job di Linux

Mengenal Cron Job di Linux

Untuk melihat cronjob apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan perintah sebagai berikut.

Mengenal Cron Job di Linux

Mengenal Cron Job di Linux

Anda bisa mengembangkan sendiri dan mengkonfigurasi cron ini untuk keperluan yang lain, seperti clear cache, menjalankan PHP console dan sebagainya. Dengan berbagai kelebihan yang di tawarkan oleh cron, semoga dapat membantu untuk mengoptimalkan aplikasi atau sistem teman-teman.

Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...