January 6, 2019

Mengenal dan Belajar apa itu Vagrant

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Assalamualaikum wr wb, halo para pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu dengan judul tulisan Mengenal dan Belajar apa itu Vagrant. Bagi yang belum tahu, Vagrant merupakan sebuah aplikasi atau software yang menggunakan teknologi mesin vitual sehingga kita bisa membuat lingkungan pengembangan atau development secara portabel.

Seperti yang saya sebutkan diatas, vagrant menggunakan virtual mesin, sehingga untuk menjalankan vagrant dibutuhkan software seperti VirtualBox atau Vmware.

Website Resmi Vagrant
Mengenal dan Belajar apa itu Vagrant

Vagrant memiliki kelebihan antara lain :

  1. Karena sifatnya yang portabel, Vagrant dapat menjalankan lingkungan development pada sistem operasi yang berbeda.
  2. Kita tidak perlu mengkonfigurasi ulang jika memindah lingkungan development pada PC yang lain.

Selanjutnya akan kita bahas tentang proses instalasi dan cara menggunakan vagrant.

Mengenal dan Belajar apa itu Vagrant

Pada tahap instalasi vagrant ini, teman-teman diharuskan menginstall VirtualBox terlebih dahulu. Kemudian kita mendownload file vagrant pada website resminya disini. Pada pembahasan ini, saya menginstall vagrant pada sistem operasi Windows, jadi teman-teman bisa mendownload aplikasi yang versi windows.

Mengenal dan Belajar apa itu Vagrant

Langkah selanjutnya kita mulai tahap instalasi. Klik File instalasi dan tentukan drive dimana kita menginstall vagrant.

Tahap Instalasi Vagrant
Tahap Instalasi Vagrant

Setelah selesai menentukan drive, dilanjutkan untuk memulai proses instalasi.

Tahap Instalasi Vagrant

Tunggu Proses instalasi vagrant sampai selesai.

Proses Instalasi Vagrant

Seletelah proses instalasi selesai, klik finish untuk selesai.

Proses Instalasi Vagrant

Menggunakan Vagrant Box

Setelah proses instalasi selesai, kita mencoba menggunakan vagrant box. Vagrant box merupakan lingkungan development yang berisi sistem operasi dan beberapa software yang dibutuhkan dalam proses pengembangan. Berikut adalah beberapa daftar Vagrant box yang bisa kita lihat pada situs resminya disini.

Vagrant Box

Bisa kita lihat diatas, terdapat banyak vagrant box dengan berbagai macam variasi lingkungan development seperti Sistem Operasi Ubuntu, Centos, Windows dan sebagainya. Pada tutorial ini saya menggunakan vagrant box Ubuntu Xenial 64.

Untuk Menggunakan box ini terdapat beberapa langkah yang harus kita jalankan.

Ubuntu Xenial 64

Pertama-tama saya membuat folder Ubuntu 16.04 (nama folder bebas hanya untuk identitas). Kemudian saya masuk pada folder tersebut dan menjalankan Git Bash (terminal/ console ), yang belum tahu cara menginstall git bash, bisa dilihat pada link berikut. Kemudian masukkan perintah berikut.

Menginstall Vagrant Box
Menginstall Vagrant Box
Menginstall Vagrant Box

Kemudian File konfigurasi Vagrant akan terbuat secara otomatis. Pada tutorial yang berikutnya akan kita bahas lebih lanjut tentang cara mengkonfigurasi vagrant.

Setelah inisiasi dan vagrant box berasil di download, langkah selanjutnya adalah menyalakan vagrant box. Perintahnya adalah sebagai berikut.

Download Vagrant Box

Setelah Vagrant box running/ menyala, kita bisa menggunakan ssh untuk masuk ke vagrant box dengan perintah sebagai berikut.

Vagrant SSH

Jika tampilan pada terminal/ console anda seperti diatas, artinya Vagrant Box telah berhasil terinstall.

Sekian Tutorial dan Pembahasan tentang aplikasi Vagrant ini, semoga dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan masukkan komentar dibawah.

Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...