July 29, 2016

Membuat bootable usb di linux

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini saya akan share cara membuat bootable usb di linux. Sedikit curhat, ketika waktu masih waktu jaman SMA dulu biasanya jika menginstall sebuah OS saya menggunakan CD atau DVD. Hal ini menjadi masalah jika pada dvd atau cd room yang kita gunakan tidak berfungsi dengan baik sehingga data tidak dapat terkopi secara cepat. Seiring perkembangan teknologi, proses bootable sistem operasi bisa di lakukan melalui universal serial bus (USB). Hal ini akan memudahkan kita untuk menginstall sistem operasi secara cepat, tetapi untuk memasang sistem operasi pada usb tidak dapat di lakukan sembarangan, karena jika di copy secara biasa, boot nya tidak akan jalan. Ada banyak aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat sebuah bootable os, tetapi untuk tutorial kali ini saya menggunakan UNetbootin.

Unetbootin saya pilih karena memakan source yang sedikit dan mudah dalam pengoperasiannya. Oke langsung saja praktik, terlebih dahulu download pada situs resminya atau jika pada linux ketik command berikut untuk menginstall.

Membuat bootable usb di linux

 Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Membuat bootable usb di linux

Membuat bootable usb di linux

Kemudian buka  aplikasinya, ketikkan di terminal.

Setelah aplikasi terbuka tinggal, pilih distro dan pilih versinya, serta tentukan lokasi file iso dan drive USB anda.

Membuat bootable usb di linux

Membuat bootable usb di linux

klik OK dan tunggu proses hingga selesai, setelah itu USB anda siap digunakan untuk bootable OS.

Sebagai catatan, aplikasi unetbootin ini hanya untuk instalasi OS linux. Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...