July 25, 2017

Membuat Konfigurasi Forward Url 301 Menggunakan Cloudflare

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang bagaimana cara Membuat Konfigurasi Forward Url 301 Menggunakan Cloudflare. Pada artikel saya yang sebelumnya, saya sudah memberikan penjelasan mengenai apa itu code 301 moved permanently dan pada tulisan ini saya akan mencoba memberikan contoh bagaimana cara untuk implementasinya. Seperti yang kita ketahui terdapat 2 jenis forwarding url yaitu 301 untuk permanent dan 302 untuk temporary atau sementara. Kita bisa mengimplementasikan kedua hal tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk contoh pada tulisan ini saya akan mencoba meredirect domain lama saya ke domain baru yang saya miliki. Caranya cukup mudah, hanya beberapa langkah konfigurasi dan otomatis domain lama akan ter redirect ke domain yang baru. Tanpa basa basi lagi, langsung saja kita mulai implementasikan.

Membuat Konfigurasi Forward Url 301 Menggunakan Cloudflare

A. Langkah Pertama

Pertama-tama buka website resmi dari cloudflare dan daftar akun baru jika anda belum memilikinya. Setelah login, kita bisa menambahkan domain yang kita miliki dengan +Add Site.

Kemudian masukkan old domain yang kita miliki dan klik begin scan.

B. Langkah Kedua

Langkah selanjutnya adalah memastikan A atau Address Record sudah sesuai apa belum. Setelah proses scan selesai cloudflare akan menampilkan semua record yang tersedia, seperti Chanonical Name, Mail Exchanger dsb. Tetapi pada kasus kali ini yang paling penting adalah Address Recordnya sudah sesuai apa tidak. Jika belum sesuai anda bisa masukkan manual IPv4 addressnya.

C. Langkah Ketiga

Pada langkah ketiga ini saya akan menambahkan page rule, agar old domain teredirect ke new domain. Klik Create page rule dan sesuaikan form input sesuai dengan konfigurasi yang kita inginkan.

Saya tambahkan wildcard atau tanda ( * ) di old domain saya, supaya semua link di domain tersebut bisa teredirect ke new domain. Pada kasus ini, forwading url nya saya memilih yang 301.

Setelah data sesuai, kemudian klik save dan deploy. Kita uji coba hasil yang telah kita buat tadi. Berikut adalah pengujian, dengan mengunjungi old domain saya yang telah terindex oleh google. Ketika url di klik, halaman akan otomatis teredirect ke domain saya yang baru.

Kita juga bisa mengecek http status code pada httpstatus.io.

Cukup mudah bukan, anda bisa menambahkan berbagai macam konfigurasi yang lain di cloudflare seperti redirect ke SSL dsb, sesuaikan saja dengan kebutuhan yang anda perlukan. Sekian tulisan dari saya, Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...