July 25, 2017

Mengenal apa itu 301 moved permanently

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mengenal apa itu 301 moved permanently –¬†Assalamualaikum wr wb, untuk tulisan kali ini saya akan membahas tentang apa itu 301 moved permanently. Dalam dunia bloging tentunya kita pasti menginginkan trafic yang tinggi untuk website yang kita miliki, dan untuk memiliki trafic yang tinggi tentunya website / blog yang kita miliki harus memiliki SEO yang bagus. Saya sendiri memiliki pengalaman, untuk mendapatkan trafic yang tinggi itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan bulan.

Lantas bagaimana jika kita ingin merubah nama domain kita, tentunya Search Engine akan mengindex website kita mulai dari awal. Search Engine akan menganggap website kita sebagai website yang baru meskipun konten di dalamnya berasal dari website kita yang lama. Hal ini bisa menjadi masalah karena seolah olah kita harus memulai membangun website dari awal.

Mengenal apa itu 301 moved permanently

Untuk mengatasi hal tersebut ternyata terdapat sebuah metode yang bisa kita gunakan supaya trafic dari website kita tetap tinggi. Kita bisa menggunakan 301 moved permanently untuk meredirect website lama kita ke website kita yang baru. Ketika search engine menampilkan data pencarian pada domain kita yang lama, user yang mengklik URL tersebut otomatis akan diarahkan ke domain kita yang baru. Sehingga kita tetap tidak akan kehilangan trafic dari konten kita yang lama.

Kita bisa menggunakan beberapa cara supaya bisa menjalankan 301 moved permanently

  • Cara pertama kita bisa membuat file .htaccess kemudian pasang script untuk meredirectnya ke domain kita yang baru serta jangan lupa tempatkan pada root website kita yang lama
  • Cara kedua kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur untuk mengatur DNS dan Rule Url kita seperti cloudflare¬†atau CloudDns
Mengenal apa itu 301 moved permanently

Mengenal apa itu 301 moved permanently

Dari kedua cara diatas sebenarnya intinya hanya membuat status http dari domain kita menjadi 301 atau permanently moved. Kita cukup memilih salah satu saja dari kedua cara diatas, mana yang lebih mudah untuk di implementasikan.

Sekian tulisan dari saya, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda. Terimakasih.

Sumber :

https://www.cloudflare.com/

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...