May 9, 2018

Perbedaan Chmod dan Chown di Linux

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Assalamualaikum wr wb para pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial dengan judul Perbedaan Chmod dan Chown di Linux. Pada artikel saya yang sebelumnya, saya sudah membahas tentang file dan folder permissions di Linux. Di artikel tersebut saya membahas mengenai pengenalan file dan folder permission atau hak akses. Mulai dari cara melihat hak akses yang dimiliki oleh pengguna owner, grup dan pengguna yang lain (others) terhadap sebuah file atau folder.

Artikel ini merupakan lanjutan dari yang sebelumnya, dan akan menitikberatkan pada perubahan hak akses. Untuk selanjutnya mari kita bahas satu persatu pengertian Chmod dan Chown.

Perbedaan Chmod dan Chown di Linux

Chmod ( Change Mode )

Chmod merupakan sebuah perintah yang di tujukan untuk merubah hak akses dari pengguna ( owner, grup, others ) terhadap sebuah file atau folder.  Perintah chmod ini biasanya menggunakan kode angka untuk mengganti jenis aksesnya.

  1. Read -> r -> 4
  2. Write -> w -> 2
  3. Execute -> x -> 1

Untuk menggunakannya, kita bisa menjumlahkan angka berdasarkan hak akses yang ingin di berikan. Misal jika kita ingin memberikan akses penuh ( Read, Write, Execute ), maka kita bisa menggunakan angka 7, berasal dari 4+2+1. Jika kita ingin memberikan akses Read dan Execute, maka kita bisa menggunakan angka 5, berasal dari 4+1.

Kemudian untuk urutan angka untuk akses kepada pengguna adalah sebagai berikut OWNER. GROUP, OTHERS. Jika kita ingin memberikan akses kepada pengguna seperti berikut rwxrxrx, maka angkanya adalah 755. Selanjutnya untuk perintah menggunakan chmod adalah sebagai berikut.

Jika untuk folder, kita bisa menambahkan opsi.

Contoh Lain

  1. r-xrxrx = 555
  2. rw-rw-rw- = 666
  3. –x–x-x = 111
  4. dan sebagainya
Perbedaan Chmod dan Chown di Linux

Contoh menggunakan Chmod

Cara yang lain kita bisa menggunakan huruf (r,w,x) untuk menambahkan hak akses. Contoh untuk menambahkan akses Execute kepada semua pengguna, maka perintahnya sebagai berikut.

Jika ingin menambahkan akses Write untuk pengguna Owner, maka perintahnya sebagai berikut.

Kemudian jika ingin menambahkan akses Read untuk pengguna Group dan Others, maka perintahnya sebagai berikut.

Perbedaan Chmod dan Chown di Linux

Perbedaan Chmod dan Chown di Linux

Chown ( Change Ownership )

Chown merupakan sebuah perintah di linux untuk mengganti kepemilikan file atau folder kepada user atau pengguna. Untuk menggunakan perintah ini adalah sebagai berikut.

Terdapat dua jenis opsi, yang pertama kita bisa mengganti owner/ kepemilikan hanya untuk user. Kemudian yang kedua kita mengganti owner/ kepemilkan untuk user dan grup dengan perintah yang dipisahkan oleh titik dua. Berikut adalah contoh menggunakan chown.

Cara Menggunakan Chown

Cara Menggunakan Chown

Sekian artikel saya ini, semoga dapat bermanfaat. Saran dan masukan para pembaca saya tunggu untuk kesempurnaan tulisan ini.

Terimakasih.

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...