May 5, 2018

Mengenal File dan Folder Permissions di Linux

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Assalamualaikum wr wb para pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang hak akses pada file dan folder di linux dengan judul artikel “Mengenal File dan Folder Permissions di Linux”. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan sistem operas linux, pasti sudah tidak asing dengan manajemen file dan folder permissions. Dengan ini kita bisa membatasi akses atau memberikan akses penuh kepada pengguna sesuai dengan peruntukannya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal File dan Folder Permissions di Linux

Pada dasarnya, hak akses ini dapat di berikan kepada tiga jenis pengguna.

  1. Owner : User yang membuat dan memiliki file atau folder tersebut
  2. Group : Member atau user yang berada pada grup yang sama
  3. Others : Pengguna di luar sistem selain user yang memiliki file atau folder tersebut dan di luar member pada sebuah grup

Kemudian selanjutnya, jenis pengguna tersebut memiliki tiga jenis tipe akses pada sebuah file atau folder, yaitu.

  1. Read : Akses yang diperoleh pengguna untuk membaca konten pada sebuah file.
  2. Write : Akses yang diperoleh pengguna untuk memodifikasi atau menulis konten pada sebuah file atau folder
  3. Execute : Akses yang diperoleh pengguna untuk menjalankan atau mengeksekusi file dan melihat konten pada sebuah folder.

Ketiga jenis tipe akses tersebut disimbolkan dengan (r, w, x) . Kita bisa melihat permission atau hak akses yang telah di pasang pada sebuat file atau folder di terminal dengan menggunakan perintah.

Hasilnya adalah sebagai berikut.

Mengenal File dan Folder Permissions di Linux

Mengenal File dan Folder Permissions di Linux

Contoh

Dari gambar di atas, kita bisa melihat jenis akses yang diberikan beserta informasi ownernya. Untuk folder Desktop tersebut, penjelasan permissionnya adalah sebagai berikut.

(jenis, permission user, permission group, permission other)

  1. Tanda “d” di awal menandakan bahwa itu adalah sebuah direktori atau folder. Jika tanda tersebut adalah “-“, maka itu menandakan sebuah file.
  2. Tiga huruf pertama menandakan hak akses untuk user. Pada folder di atas memiliki tanda “rwx”, ini menandakan bahwa owner memiliki akses penuh untuk membaca, memodifikasi dan melihat isi konten folder tersebut.
  3. Tiga huruf kedua menandakan hak akses untuk member pada sebuah grup. Pada folder di atas memiliki akses “r-x”. artinya grup ini memiliki akses untuk membaca dan melihat isi konten folder tersebut.
  4. Tiga huruf ketiga menandakan hak akses untuk pengguna others, atau pengguna yang lain. Pada folder tersebut  memiliki akses “r-x”, artinya pengguna ini memiliki akses untuk membaca dan melihat isi konten folder tersebut.

Untuk artikel saya yang selanjutnya masih akan membahas tentang permission. Saya akan membahas bagaimana cara memodifikasi hak akses pada sebuah file atau folder. Sekian artikel saya ini, semoga dapat bermanfaat. Saran dan masukkannya saya tunggu demi kesempurnaan tulisan ini.

Terimakasih.

 

 

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...