August 13, 2017

Apa yang Dimaksud dengan DNS Record

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Apa yang Dimaksud dengan DNS Record. Assalamualaikum wr wb, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai DNS Record. DNS Record merupakan pemetaan alamat domain ataupun IP, yang berfungsi untuk mengubungkan webserver tertentu dengan dunia luar atau internet. Dalam DNS Record ini, kita bisa mengarahkan subdomain, email service ataupun alamat IP sesuai dengan yang kita inginkan.

Terdapat beberapa komponen yang terdapat di dalam DNS Record ini. Seperti A, AAAA, CNAME, MX, TXT, NS dsb. Komponen ini memiliki fungsi masing masing dan kita bisa memasangnya tergantung kebutuhan apa yang ingin kita gunakan. Disini saya akan menjelaskan beberapa jenis DNS Record yang sering saya gunakan.

Apa yang Dimaksud dengan DNS Record

Apa yang Dimaksud dengan DNS Record

Apa yang Dimaksud dengan DNS Record

Bisa dilihat pada dropdown yang muncul, terdapat beberapa komponen DNS record yang bisa kita pakai. Berikut adalah penjelasannya.

  1. A Record : Merupakan record yang digunakan untuk memetakan nama host dengan alamat IP. Untuk IP yang digunakan adalah IPv4, dan record ini adalah yang paling sering saya gunakan untuk mengarahkan domain ke alamat IP tertentu.
  2. AAAA Record : Seperti A record, hanya saja menggunakan IPv6, bukan IPv4.
  3. CNAME Record : Kependekan dari Canonical Name, yang memiliki fungsi untuk meredirect dari doman atau subdomain ke subdomain atau domain yang lain. Contohnya adalah webmail.example.com ke example.com.
  4. MX Record : Atau Mail Exchanger record, yang memiliki fungsi untuk mengarahkan layanan email. Ada banyak email service yang bisa kita nikmati secara gratis, seperti Yandex atau Zoho. Jika kita ingin menggunakan layanan yang premium kita bisa menggunakan layanan dari Google.
  5. TXT Record : Record ini biasanya digunakan untuk memasukan data acak ke dalam DNS Record. TXT Record bisa digunakan untuk mendefinisikan Sender Policy Framework pada email.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang jenis jenis DNS record yang sering saya gunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 😀 .

 

Gambar di ambil dari cloudflare.com

Agus Wiji Suhariono

Memulai menulis Blog pada bulan November dari Tahun 2015. Penulis merupakan alumni dari Politeknik Negeri Malang angkatan 2011 Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Elektro. Penulis memulai menekuni dunia programming mulai tahun 2014 dan sekarang bekerja di Pemerintahan sebagai IT Staff.

You may also like...